Apa Saja Penyebap Rahim Retropeksi?

Apa Saja Penyebap Rahim Retropeksi?

 

Penyebab Rahim Retrofleksi

Rahim retrofleksi bisa terjadi secara alami seiring pertambahan usia. Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan rahim retrofleksi, antara lain:

Persalinan
Posisi rahim bisa berubah karena pengaruh proses persalinan. Kondisi ini bisa terjadi jika ligamen atau jaringan penyangga rahim mengalami peregangan. Pada kondisi normal, seharusnya rahim akan kembali ke posisi semula setelah persalinan. Namun pada sebagian persalinan, justru menyebabkan perubahan posisi rahim menjadi retrofleksi.

Endometriosis
Pertumbuhan jaringan parut di dinding rahim yang terjadi pada kasus endometriosis, bisa menyebabkan rahim terjebak pada posisi terbalik dan kesulitan kembali ke posisi yang seharusnya.

Penyakit radang panggul
Penyakit radang panggul yang tidak ditangani dengan baik bisa memicu kemunculan jaringan parut di lapisan dinding rahim dan menimbulkan efek seperti pada kasus endometriosis.

Fibroid atau miom
Kemunculan miom di sekitar rahim bisa membuat posisi rahim terbalik, bentuknya tidak sempurna, dan bermasalah. Pada kasus tertentu, kemunculan miom juga bisa mengganggu proses pembuahan atau kehamilan.

Operasi panggul
Riwayat operasi panggul juga bisa menimbulkan jaringan parut sehingga menyebabkan posisi rahim terganggu.

🏥Untuk mendapatkan info kesehatan, media & program hamil
🔑Contact person:
📲Wa: 085832729250

Http://api.whatsapp.com/send?phone=6285832729250



 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.